Blogger Widgets

music

Rabu, 18 November 2015

Resensi Buku Metodologi Penelitian karya Dr. Limas Dodi, M.Hum

IDENTITAS BUKU
     Judul : Metodologi Penelitian (Science Methods, Metode Tradisional dan Natural Setting, Berikut Tehnik Penulisannya)
Pengarang : Dr. Limas Dodi, M.Hum
Penerbit : Pustaka Ilmu
Tempat Terbit  : Yogyakarta
Tahun Terbit : 2015
Cetakan : Pertama
Ukuran : 16 x 24 cm
Jumlah Halaman : xx + 369 halaman
ISBN : 978-602-7853-97-3
Harga : Rp. 50.000,00
IKHTISAR ISI BUKU
Penelitian menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam sendi kehidupan, apalagi tantangan dan masalah menuntut seseorang  untuk menemukan sebuah jawaban. Proses menemukan solusi suatu permasalahan memerlukan suatu penelitian ilmiah. Melalui penelitian ilmiah solusi yang ditemukan diharapkan dapat mengatasi permasalahan secara tepat. Melalui penelitian yang sesama dan sistematis, para ilmuwan dapat menemukan berbagai gejala atau praktik yang dapat dijadikan solusi terbaik bagi upaya pemecahan suatu masalah. Dan juga aktifitas penelitian juga merupakan suatu tahapan yang terus diikuti yang setiap langkahnya merupakan pengalaman untuk menambah wawasan baru.
 Sehubungan dengan upaya ilmiah, maka metode menyangkut masalah cara kerja untuk dapat memahami objek yang menjadi sasaran ilmu yang bersangkutan. Metode penelitian merupakan ilmu yang mempelajari cara-cara melakukan pengamatan dengan pemikiran yang tepat secara terpadu melalui tahapan-tahapan yang disusun secara ilmiah untuk mencari, menyusun serta menganalis dan menyimpulkan data-data, sehingga dapat digunakan untuk menemukan, mengembangkan dan menguji kebenaran suatu pengetahuan.
Isi buku ini lebih banyak menekankan dan mengasah kemampuan kognitif pembaca seperti mengetahui, memahami, menganalisis, dan mengevaluasi hal-hal yang berkaitan dengan metodologi penelitian. Penulis juga mengusahakan untuk mengangkat kemampuan afektif sebagai bentuk kesadaran individual normatif pembaca.
Objek pembahasan dalam buku ini, lebih menekankan pada tiga aspek, yaitu:
1.  Pengertian dan urgensi metodologi pendidikan, meliputi:
·     Pendekatan penelitian : metode kualitatif dan metode kuantitatif
·     Tahap-tahap penelitian : perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan
2.  Menemukan dan memilih masalah penelitian, meliputi: Latar belakang dan perumusan masalah, hipotesis, tujuan, dan kegunaan penelitian, dan landasan teori dan tinjauan pustaka
3.  Menentukan metode penelitian yang digunakan, meliputi:
·     Menyusun penelitian instrumen penelitian dan analisis data dan penarikan kesimpulan, teknik pengumpulan data, yang didalamnya membahas tentang : angket, wawancara, pengamatan, dokumentasi.
Dalam buku metode penelitian ini juga dijelaskan mengenai perspektif metode penelitian yang berdasarkan kaidah-kaidah ilmiah, membahas pengertian dan perbedaan dari metode-metode penelitian, baik itu penelitian kualitatif ataupun kuantitatif, apakah metode dari kedua ini dapat digabungkan dan yang terakhir kompetensi penelitian kualitatif dan kuantitatif.
Kelebihan buku :
-       Memberi kemudahan untuk menyusun proposal penelitian dan menyusun laporan penelitian
-       Dilengkapi footnote yang semamkin memperjelas pembahasan dan referensi
-       Cover yang menarik, sehingga menambah minat para pembaca
Kekurangan buku :
-       Kata-kata yang berbahasa Inggris dalam buku ini tidak diberi terjemahan sehingga pembaca sedikit kesulitan untuk memahami isinya.
-       Ada beberapa kata yang perlu dibenarkan, sebagai contoh : pada kata pengantar halaman v disitu ditulis ‘yanh” seharusnya ‘yang’, juga pada halaman 4 disitu ditulis ‘yg’ seharusnya ‘yang’ tidak perlu disingkat, dan halaman 43 ada kata ‘langka-langkah’ seharusnya ‘langkah-langkah’. Selain itu ada juga pada hal 90, hal 143,dan hal 263.
Saran :
-       Saran saya untuk penulis sebaiknya contoh yang terdapat dalam buku ini di tambah agar pembaca atau peneliti lebih mudah memahami materi.

-       Juga dilengkapi dengan terjemahan untuk penjelasan yang menggunakan bahasa Inggris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar